Bagaimana AS akan memastikan Korea Utara menyerahkan senjata nuklir?

Pertemuan bersejarah antara Presiden Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghasilkan pemahaman bahwa Pyongyang akan bekerja menuju denuklirisasi. AS juga akan menghentikan latihan militer bersama di Korea Selatan.

Sekarang setelah KTT selesai, Menteri Luar Negeri, Mike Pompeo sibuk bekerja untuk melaksanakan agenda KTT. “Face the Nation” moderator Margaret Brennan melaporkan Pompeo akan pergi ke Korea Selatan dan China untuk berbicara dengan para pejabat tentang peran mereka dalam memastikan Korea Utara menindaklanjuti janji-janji mereka. Pompeo dan penasihat keamanan nasional John Bolton juga akan bertemu dengan Korea Utara minggu depan untuk mengerjakan rinciannya.

Meskipun ketidakpastian, kontributor keamanan senior  Michael Morell, mantan direktur bertindak CIA, mengatakan pertemuan tersebut harus dianggap sukses.

“Itu adalah kemenangan diplomatik, karena itu adalah hasil terbaik dari KTT,” kata Morell. “Tujuan bersama untuk denuklirisasi dan kesepakatan untuk melanjutkan negosiasi.”

Tapi Morell mengatakan AS jauh dari mampu mengklaim kemenangan strategis, mengingat “rincian besar untuk dikerjakan.”

Misalnya, sebelum pertemuan puncak dengan Kim, Mr. Trump menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran, mengatakan bahwa itu tidak cukup kuat. Namun seperti yang dijelaskan Brennan, Iran tidak memiliki senjata nuklir ketika setuju untuk membekukan pengembangan nuklirnya dan mengirimkan 97 persen dari materialnya yang diperkaya.

“Korea Utara sudah memiliki bahan nuklir yang dapat digunakan,” kata Brennan. “Mereka memiliki mekanisme pengiriman, mereka memiliki rudal balistik. Mereka juga mengklaim telah menguji bom hidrogen yang lebih kuat daripada yang digunakan di Hiroshima. Jadi ada ketidaktahuan besar bagi intelijen AS di sini, yang masih, sementara mereka percaya bahwa mereka memiliki kemampuan untuk menyampaikan, dan mereka memiliki bahan nuklir, dapatkah mereka benar-benar berhasil meluncurkan senjata? Dan itulah mengapa para pemeriksa harus turun ke tanah. “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *